Selasa, 02 Juni 2020

Jilat Luka Anda, Maka Akan Sembuh


ANDA kemungkinan tidak menduga jika insting anjing atau kucing waktu mereka terluka rupanya dibetulkan dengan cara ilmiah. Mereka menjilati cederanya serta beberapa waktu selanjutnya, cedera jadi kering serta pulih. Karenanya, tidak bingung jika belakangan ini beberapa periset dari Belanda mengidentifikasikan ada satu zat di air ludah, terutamanya ludah manusia. Zat ini disebutkan percepat pengobatan cedera.


Team periset mendapatkan jika histatin, protein kecil di di air ludah yang awalnya cuma dipercayai untuk membunuh bakteri, bertanggungjawab atas pengobatan cedera. Hasil riset yang diterbitkan di The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) edisi paling baru ini jelas memberikan keinginan pada orang yang menanggung derita cedera akut yang terkait dengan diabetes, cedera traumatis, serta cedera bakar. Disamping itu, sebab kemungkinan bisa dibuat dengan cara massal, zat itu berpotensi seperti cream antibiotik serta alkohol gosok.

"Kami berharap penemuan ini berguna buat orang yang menanggung derita cedera yang tidak segera pulih, seperti borok di kaki, cedera karena diabetes, serta buat perawatan cedera trauma seperti cedera bakar," papar Menno Oudhoff, seperti diambil Xinhua.

"Studi ini bukanlah cuma menjawab pertanyaan biologi tentang kenapa hewan menjilati cedera mereka," kata Gerald Weissmann, Pimpinan Redaksi FASEB. Riset itu menerangkan kenapa cedera di mulut, seperti cedera sesudah pencabutan gigi, pulih jauh bertambah cepat dibanding dengan cedera pada kulit serta tulang.

Tentunya, penemuan ini menerangkan kenapa ada penyembuh pilihan yang memakai ludah untuk tehnik atau cara untuk mengobati cedera. Mengagumkan, satu rahasia alam terbuka lagi!